Kerja Praktek di PT. Garuda Indonesia (persero) Tbk.

Kebetulan saya KP (Kerja Praktek) di PT. Garuda Indonesia (persero) Tbk. Suatu kesempatan yang cukup menyenangkan untuk saya karena saya bisa mengetahui seperti apa suasana kerja di dunia nyata. Memang secara teknik, saya tidak banyak mendapatkan ilmu baru, namun saya mendapatkan banyak pengalaman tentang kerja di dunia kerja. Banyak hal yang dapat saya petik dari etika kerja sampai budaya apa yang ada di dunia kerja. Terima kasih kepada PT. Garuda Indonesia (persero) Tbk., Bu Jube, Pak Frans, mbak-mbak pramugari yang ada di kos (Mbak Vivi, Mbak Christin, satu lagi saya lupa), juga mas-mas di kos (saya lupa namanya) dan team kerja praktek.

Team Kerja Praktek Garuda Indonesia
Team Kerja Praktek Garuda Indonesia

Saya melakukan kerja praktek di Divisi JKTQXO PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Kami memiliki dua tugas yaitu membuat SysPro Online dan menambahkan fitur ke MIS FSMS.

Syspro Online adalah singkatan dari System Procedure Online adalah suatu sistem informasi yang dibuat untuk mengelolah data prosedur sistem di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. SysproOnline diprakarsai oleh Unit Operations Ground PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. pada 2013. Pembuatan SysproOnline dilatar belakangi oleh kebutuhan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. untuk menyediakan informasi SOP (Standart Operasional Procedure) yang sebelumnya didistribusikan menggunakan email secara manual ke semua statiun penerbangan. Dengan SysproOnline pengguna dapat menyelusuri semua sistem prosedur secara online. SysproOnline termasuk manual, HIN (Handling Information Notice), Procedure, Training, dan CoA (Certificate of Authorization).

Interface SysPro Online
Interface SysPro Online

Sedangkan, FSMS singkatan dari FOO dan Station Management System adalah suatu sistem informasi yang dibuat untuk mengelola data FOO dan Station Management System di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Dengan FSMS pengguna dapat menelusuri FOO dan Station Management. FOO termasuk Curriculum Vitae, sejarah penempatan, tipe rating, data stasiun termasuk data dasar (Ground Handler, Expiry date) dan skor (disetiap tahun) dari On Time Performance, Ground Time, Service Level Agreement, Wasted Meal, Operational Hazard Report, Fuel Conservation Program, dan Customer Service Index. Fitur yang kami tambahkan adalah penambahan fitur otorisasi dan otentikasi, fitur report, fitur download pdf dari report, dan fitur search menu.

Interface FSMS
Interface FSMS