Madakaripura - Jalan-Jalan Sebelum Lulus

Jarang-jarang saya ngikut jalan-jalan bareng temen-temen sekelas kuliah. Ya sedikit tentang kami, kami adalah kelas D4 IT B 2010 di PENS, mulai semester 1 sampai 8 bareng, isinya macem-macem. Sebelum kami wisuda, kami menyempatkan jalan-jalan ke salah satu objek wisata Probolinggo, Air terjun Madakaripura. Kami berangkat tanggal 6 September 2014 dan pulang tanggal 7 September 2014. Seneng juga bisa bertawa canda dengan temen-temen sekelas. Sekilas tentang air terjun Madakaripura, air terjun Madakaripura adalah sebuah air terjun yang terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

D4 IT B 2010 di bawah air terjun Madakaripura
D4 IT B 2010 di bawah air terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tepatnya di lereng Gunung Bromo. Air terjun Madakaripura berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Nama air terjun yang berada di ketinggian 1.000 Mdpl ini berasal dari kata Madakaripura, tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. Air Terjun Madakaripura juga kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.

Sewaktu pulang, kami mampir dulu ke Pantai Bentar. Pantai Bentar merupakan sebuah pantai utara di Kabupaten Probolinggo yang memiliki keindahan objek yang sangat mempesona. Karena keindahan objek pemandangan yang disajikannya, pantai ini cukup terkenal hingga ke luar daerah. Jangan heran apabila anda berkunjung kesini anda akan menjumpai banyak wisatawan yang bukan berasal dari Probolinggo. Pantai Bentar terletak di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Denger-denger juga ada Hiu Tutul atau Whale Shark di Pantai Bentar sekitar bulan Maret.

Pose D4 IT B 2010 di hutan mangrove Pantai Bentar
Pose D4 IT B 2010 di hutan mangrove Pantai Bentar